Nama Kawasan & Luas

Nama Kawasan : SM Sermo

Luas : 184,99 ha


Deskripsi Kawasan

Kawasan SM Sermo merupakan alih fungsi dari kawasan hutan produksi pada petak 20,21,22,23 dan sebagian petak 24 dengan luas total 184,99 ha masuk dalam RPH Sermo, BDH Kulon Progo, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Daerah Istimewa Yogyakarta.  Suaka Margasatwa (SM) Sermo memiliki kelas topografi berbukit dengan ketinggian bervariasi antara 70 meter diatas permukaan laut (dpl) sampai dengan 100 meter dpl. Ekosistem SM Sermo termasuk dalam ekosistem pegunungan rendah yang merupakan bagian dari ekosistem pegunungan Kulon Progo yang berbatasan dengan jalur Pegunungan Menoreh.  Kawasan SM Sermo memiliki kelas kelerengan lahan yang cukup berat karena lokasinya yang berbukit-bukit. Kelas kelerengan curam mendominasi kawasan SM Sermo dengan luasan mencapai 71,65 ha atau 38,28% dari luas kawasan.  Kelas kelerengan tersebut terutama di bagian utara kawasan SM Sermo yang merupakan potongan bukit akibat pembangunan Waduk Sermo. Secara geologis, wilayah SM Sermo termasuk dalam rangkaian Pegunungan Kulon Progo yang merupakan bagian dalam zona selatan Jawa Tengah dan secara keseluruhan merupakan plateu.  Rangkaian pegunungan ini penyebarannya memanjang dari selatan ke utara meliputi Kecamatan Kokap, Girimulyo, dan Samigaluh dan Kawasan Suaka Margasatwa Sermo masuk kedalam Pengelolaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam DI Yogyakarta.


SK Penunjukan / Penetapan

Kawasan ini dilakukan penunjukan berdasarkan Kep Menhutbun No. 171/Kpts-II/2000 tanggal 29 Juni 2000 dan penetapan kawasan berdasarkan SK.3112/Menhut-VII/KUH/2014 tanggal 25 April 2014


Letak (Administratif Pemerintahan)

Suaka Margasatwa Sermo berada di Desa Karangsari dan Hargowilis, Kecamatan Pengasih dan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.



Gallery