Nama Kawasan & Luas

Nama Kawasan : SM Pulau Pasoso

Luas : 49,00 ha


Deskripsi Kawasan

Suaka Margasatwa Pulau Pasoso memiliki keindahan yang cukup lengkap mulai dari keindahan matahari terbit dan tenggelamnya yang menawan, pantai pasir putih yang bersih dihiasi pohon-pohon kelapa, air laut yang jernih, hingga keindahan bawah lautnya yang masih terjaga. Keindahan suasana pantai semakin mengagumkan disaat Anda menyaksikan sekelompok penyu naik ke darat untuk bertelur


Potensi Flora Fauna

Kayu putik, Tabang, Ketapang (Terminalia catappa), Kayu minyak, Kayu kambing (Garuga floribunda), Tuweles, Api-api (Avicennia marina), Toga, Kayu abu, dan Maraula (Diospyros macrophylla), Terotasi (Polycias nodosa), Bintangur (Calophyllum sp.), Katutung, Babulung, Cemara laut (Casuarina equisetifolia), Kayu batu, dan Kayu kertas.Jenis fauna yang terdapat di Suaka Margasatwa Pulau Pasoso ini antara lain Kakatua jambul kuning (Cacatua sulphurea), Burung Putiang, Burung Sosi, Burung Tengkos, Burung Gagak hutan (Corvus enca), Ketam kenari/ Ketam kelapa (Birgus latro), Kadal (Mabuya multifasiata), Biawak (Varanus salvator), Kelelawar, Kupu-kupu Putih, Kelelawar (Pteropodidae), Ular Sanca (Python reticulatus). Adapun di wilayah perairan melalui perjumpaan langsung satwa dijumpai fauna jenis Penyu hijau (Chelonia mydas), dan Lumba-lumba (Dholpinidae).


Aksesibilitas

Mencapai kawasan SM Pulau Pasoso dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 (dua) maupun roda 4 (empat) dari Ibukota Propinsi sampai di Kecamatan Balaesang Tanjung. Jarak dari Kota Palu ke Ibukota Kecamatan Balaesang Tanjung di Malei kurang lebih 115 kilometer dengan waktu tempuh 3,5 – 4,5 jam. Dari Malei kemudian dapat dilanjutkan menuju Desa Ketong atau Desa Manimbaya dengan transportasi darat, lalu dilanjutkan dengan perahu motor sampai di Pulau Pasoso membutuhkan waktu kurang lebih 1-1,5 jam.


SK Penunjukan / Penetapan

Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan  Nomor: 757/Kpts/II/1999 tanggal 23 September 1999


Letak Geografis

Secara geografis SM Pulau Pasoso terletak antara 00 5’ sampai dengan 00 6’ Lintang Utara (LU) dan antara 1190 37’ sampai dengan 1190 38’ Bujur Timur (BT)