Nama Kawasan & Luas

Nama Kawasan : SM Paliyan

Luas : 434,83 ha


Deskripsi Kawasan

Kawasan Suaka Margasatwa (SM) Paliyan mempunyai keunikan tersendiri karena pada saat penunjukan menjadi kawasan konservasi SM Paliyan dalam kondisi rusak karena pada tahun 1998 pada saat reformasi kawasan hutan  SM Paliyan ditebang/dijarah, kondisi ini berbeda denga kawasan konservasi lainnya yang ditunjuk dalam kondisi ekosistem yang baik. Pada awal penunjukan SM Paliyan, pada tahun 2001 hanya menyisakan hutan seluas 7,62 Ha, yang berupa tegakan jati seluas 6,49 Ha dan tegakan sonokeling seluas 1,13 Ha hal ini disebabkan adanya penggarapan kawasan SM  Paliyan menjadi areal perladangan oleh masyarakat sejak kawasan ini masih berstatus hutan produksi (BKSDA Yogyakarta, 2005). Suaka Margasatwa (SM) Paliyan yang luasnya 434,834 ha semula merupakan hutan produksi yang terletak di BDH Paliyan petak 136 sampai dengan 141 dan dikelola oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi D.I. Yogyakarta, saat ini kawasan ini masuk kedalam Balai KSDA Yogyakarta.


Aksesibilitas

Akses menuju kawasan Suaka Margasatwa Paliyan dapat ditempuh dengan jalur darat dari Kota Yogyakarta yang berjarak sekitar 50km. 


Sarana Prasarana Pengelola Yang Tersedia

Kantor resort SM Paliyan dan aula pendidikan.


Kerjasama Bidang Wisata Alam

Jenis kerjasama : Dalam upaya untuk melakukan pemulihan ekosistem Balai KSDA Yogyakarta.

Kerjasama dilakukan dengan  Mitsui Sumitomo Insurance yang dalam bentuk perjanjian kerjasama antara Kepala Balai KSDA Yogyakarta dengan General Manager, General Affairs Department Mitsui Sumitomo Insurance Co.


SK Penunjukan / Penetapan

Penunjukan                  :     SK Menhut No 171/Kpts-II/2000 tanggal 29 Juni 2000

Penetapan                    :     SK. Menhut No. SK. 1870/Menhut-VII/KUH/2014 tanggal 25 Maret 2014 dengan luas sebesar 434,834 Ha


Letak (Administratif Pemerintahan)

Suaka margasatwa Paliyan berada di Desa Karang Asem, Karang duwet, Jetis, dan Kepek, Kecamatan Paliyan dan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.


Batas Wilayah

Sebelah utara berbatasan dengan Desa Karangduwet dan Desa Karangasem

Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Jetis dan Desa Kepek

Sebelah barat  berbatasan dengan Desa Karangduwet dan Desa Jetis

Sebelah timur berbatasan dengan HP Petak 142



Gallery