Nama Kawasan & Luas

Nama Kawasan : SM Muara Angke

Luas : 19,80 ha


Deskripsi Kawasan

Kawasan SM Muara Angke (SMMA) memiliki empat tapak berbeda, yaitu dominasi bakau Rhizophora mucronata dan Rhizophora apiculata di sebelah Barat kawasan, rumput dan semak belukar yang merupakan daerah terluas di kawasan ini, tapak peralihan rumput dijumpai dekat tanah merah serta asosiasi pidada-nipah (Sonneratia caseolaris-Nypa fruticans). Berdasarkan data tahun 2016, di kawasan ini ditemukan 114 spesies tumbuhan yang terdiri atas 8 spesies mongrove sejati, 19 spesies asosiasi mangrove dan selebihnya merupakan tumbuhan non mangrove.

Mamalia yang dijumpai di kawasan SMMA hanya monyet ekor panjang (Macaca fascicularis). Jenis Aves di kawasan SMMA yang berdekatan dengan Hutan Lindung sekitar 17 jenis yang dilindungi, 10 jenis burung Migran, dan 50 jenis burung menetap. Jenis Reptil yang dapat dijumpai adalah kura-kura, biawak (Varanus salvator), ular welang (Bungarus fasciatus), ular daun (Dryopis sp), dan lain-lain (LPPM-RPSMMA, 2000). Lebih lanjut dinyatakan bahwa biota perairan yang ditemukan di SMMA adalah ikan sapu-sapu (Hypotamus sp), gabus (Ophiocephalus striatus) dan lain-lain yang jumlahnya sudah sangat sedikit.  Kawasan Suaka Margasatwa ini  masuk ke dalam Pengelolaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta.


Potensi Obyek Wisata Alam

Suaka Margasatwa Muara Angke di Penjaringan DKI Jakarta Utara Jakarta merupakan kawasan konservasi dengan pesona hijau itengah kota. Potensi kawasan ini berupa :
1. Vegetasi Hutan Mangrove Muara Angke.
 
 
2. Habitat  kera-kera ekor panjang (Macaca fascicularis).
 
 
untuk menikmati keindahan alam hijau di tengah kota jakarta ini Pengunjung dapat berjalan menyusuri board walk sepanjang 800-an meter. Board walk itu terbuat dari kayu. Alat ini dibuat karena daerah berawa tak bisa dilalui orang. Berjalan di board walk sambil memandang tanaman bakau yang berwarna hijau serta rimbunnya pohon pidada akan membuat pengunjung seperti bukan di Ibu Kota. 


 

 


Potensi Flora Fauna

Kawasan SM Muara Angke (SMMA) memiliki empat tapak berbeda, yaitu dominasi bakau Rhizophora mucronata dan Rhizophora apiculata di sebelah Barat kawasan, rumput dan semak belukar yang merupakan daerah terluas di kawasan ini, tapak peralihan rumput dijumpai dekat tanah merah serta asosiasi pidada-nipah (Sonneratia caseolaris-Nypa fruticans). Berdasarkan data tahun 2016, di kawasan ini ditemukan 114 spesies tumbuhan yang terdiri atas 8 spesies mongrove sejati, 19 spesies asosiasi mangrove dan selebihnya merupakan tumbuhan non mangrove.

Mamalia yang dijumpai di kawasan SMMA hanya monyet ekor panjang (Macaca fascicularis). Jenis Aves di kawasan SMMA yang berdekatan dengan Hutan Lindung sekitar 17 jenis yang dilindungi, 10 jenis burung Migran, dan 50 jenis burung menetap. Jenis Reptil yang dapat dijumpai adalah kura-kura, biawak (Varanus salvator), ular welang (Bungarus fasciatus), ular daun (Dryopis sp), dan lain-lain (LPPM-RPSMMA, 2000). Lebih lanjut dinyatakan bahwa biota perairan yang ditemukan di SMMA adalah ikan sapu-sapu (Hypotamus sp), gabus (Ophiocephalus striatus) dan lain-lain yang jumlahnya sudah sangat sedikit.
Flora
Jenis vegetasi yang tumbuh di suaka ini, yaitu terdiri dari Vegetasi mangrove : 
1. Api-api (Avicennia marina
Api-Api  
2. Bakau (Rhizophora mucronata)
Bakau
3. Pidada (Sonneratia sp. )
Pidada
 
4. Nypa (Nypa frutican).
 
5. Tancang (Bruguiera gymnorrhiza)

 

Vegetasi mangrove ikutan, berupa vegertasi : 

1. Jeruju (Acanthus illicifolius)
2. Piai raya (Acrotichum aureum)
3. waru laut (Hibiscus tiliaceus)
 
Vegetasi pantai dan pinggir sungai, yaitu :
1. Nyamplung (Callophylum inophyllum)
2. Kelapa (Cocos nucifera)
3. Ketapang (Terminalia catappa)
4. Rotan (Callamus mannan).
 
Fauna
1. Monyet Ekor Panjang (Macaca fasclcularis)
Ini adalah satu-satunya jenis satwa mamalia yang paling mudah dilihat di SM. Muara Angke. Monyet biasanya hidup berkelompok antara 6 sampai 15 ekor per kelompoknya. Makanan utamanya buah-buahan.
2. Biawak (Varanus salvator)
Biawak merupakan reptil yang paling mudah ditemui di SM. Muara Angke. Bentuknya menyerupai kadal namun besar tetapi tidak sebesar komodo. Panjang badannya dapat mencapai 1 sampai 1,5 meter dengan kulit berwarna kecoklatan. Makanan utama dari biawak adalah ikan. Selain biawak jenis reptil yang dapat ditemukan di SM. Muara Angke adalah berbagai jenis ular seperti ular sanca (Python reticulatus) dan ular kobra (Naja sputatrix).
3. Beberapa jenis ular 
Terdapat beberapa jenis ular yang dapat ditemui di SM Muara Angke yaitu ular sanca (Phyton reticulatus), ular cobra (Naja sputarix), ular welang (bungarus fasciatus), ular kadut (Homolopsis buccata), ular cincin (Dipsasomorphis dendrophilus).
4. Beberapa jenis Burung 
Burung adalah spesies fauna yang paling banyak ditemukan di SM Muara Angke .  Burung biasanya tinggal di semak-semak dan tegakan mangrove. beberapa jeis burung yang terdapat di SM Muara Angke adalah:
a) Kareo padi (Amaurrornis phoenicurus)

 
b). Bubut jawa (Centropus nigrorufus)
 
 
c).  Kuntul (Egretta spp.)

 
d) Pecuk (Phalacrocorax spp.)

 
e) Belibis (Dendrocygna spp.)

 
f)  Raja Udang (Todirhampus spp.)


Aksesibilitas

Mudah ditempuh karena berada di pusat kota dan pusat bisnis. Alat transportasi yang dapat digunakan :

  • Kendaraan pribadi
  • Busway (Transjakarta)
  • Gojek
  • Taksi


Akomodasi

Banyak tersedia akomodasi sekitar kawasan SM Muara Angke karena merupakan daerah pusat kota dan mudah dalam akses hotel yang berkisar mulai dari Rp.500.000,-, akomodasi terdekat yang dapat diakses adalah beberapa hotel sekitar Pondok Indah Kapuk dan Cottage Wisata di TWA Muara Angke. 


Sarana Prasarana Pengelola Yang Tersedia

Fasilitas
Wisata Taman Suaka Margasatwa Muara Angke di Penjaringan DKI Jakarta Utara Jakarta bisa dibilang sebuah wisata edukasi yang memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :
 
1. Pintu gerbang/Pos Tiket
 
2. Pusat lnformasi
Pusat informasi adalah tempat seluruh informasi mengenai SM. Muara Angke dikumpulkan. Di tempat ini kita dapat mengetahui seluruh informasi mengenai SM. Muara Angke dari mulai jenis­ jenis flora dan fauna yang ada sampai dengan aspek pengelolaannya.
 
3. Shelter
Shelter adalah tempat peristirahatan setelah kita menempuh ½ perjalaan dari jalur pengamatan di Muara Angke.  Shelter juga bisa dipakai sebagai tempat diskusi setelah perjalanan atau tempat untuk mengamati burung. 
                    
 
4. Menara Pengamatan/birdhiding
Menara ini tingginya mencapai 17 meter. Di menara ini kita dapat melihat keseluruhan dari SM. Muara Angke.
  
 
4. Jungle Track
 
 
5. MCK
 
 
6. Persemaian
Persemaian adalah tempat yang diperuntukan untuk memproduksi bibit tanaman yang akan ditanam. Di pembibitan ini kita dapat melihat proses pembuatan bibit tanaman dari mulai buah sampai dengan tanaman siap untuk ditanam.


SK Penunjukan / Penetapan

Penunjukan:
Keputusan Menteri Kehutanan nomor 220/Kpts-II/2000 tanggal 2 Agustus 2000 tentang Penunjukan Kawasan Hutan dan Perairan di Wilayah Propinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta seluas  108.475,45 Ha
 
Penetapan :
Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan Nomor 667/Kpts-II/1995 tentang Penetapan Kembali Kawasan Hutan Angke Kapuk, yang terletak di Wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta seluas 327,70 hektar sebagai Kawasan Hutan Tetap


Letak (Administratif Pemerintahan)

Desa  Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Kotamadya Jakarta Utara DKI Jakarta


Letak Geografis

500 m dari gerbang perumahan Pantai Indah Kapuk


Batas Wilayah

Sebelah utara berbatasan dengan Hutan Lindung Angke Kapuk
Sebelah selatan berbatasan dengan PT. Mandara Permai  (Pantai Indah Kapuk)
Sebelah barat berbatasan dengan  Perumahan Panatai Indah Kapuk
Sebelah timur berbatasan dengan  Sungai Angke  


Penataan Blok

Penataan Blok :
 
Rencana Pengelolaan :
Keputusan Dirjen KSDAE Nomor SK.178/KSDAE/SET/KSA.0/6/2016 tanggal 13 Juni 2016


Pemanfaatan Jasa Lingkungan Wisata Alam

MATRIK
Data Kegiatan Pemanfaatan  SM Muara Angke
No
Jenis
Jumlah Kunjungan / Jumlah Pelaku Usaha
PNBP Tahun 2017
Jenis Kegiatan Jasa Wisata Alam
1
Pendidikan
110
2.800.000
2
Bird Watching
59
7.300.000
3
Observasi
57
2.670.000
4
Penanaman
5
0
5
Bersih Sampah
55
0
6
Penelitian
4
200.000
 
JUMLAH
290
12.970.000
Kegiatan Wisata Alam
1
NIHIL
 
 
2
 
 
 
Kegiatan yang dapat dilakukan di SM Pulau Rambut, antara lain : 
Bird Watching dan tracking kawasan

 



List Dokumen

# Dokumen Actions
1 Peta Bloking Suaka Margasatwa Muara Angke

Gallery