10 Jan 2019

       Dalam rangka upaya pengembangan kegiatan pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam terbatas pada Kawasan Suaka Alam (KSA) dan Taman Buru, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2011 jo. Peraturan Pemerintah Nomor 108 tahun 2015 tentang Pengelolaan KSA dan KPA dijelaskan bahwa kegiatan pemanfaatan KSA adalah untuk kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahun, pendidikan dan peningkatan kesadartahuan konservasi alam, penyimpanan dan atau penyimpan karbon, pemanfaatan plasma nutfah untuk penunjang evaluasinya. Khusus untuk Suaka Margasatwa pemanfaatannya dapat juga berupa pemanfaatan air serta energi air, panas,dan angin serta wisata alam terbatas.
  2. Berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.37/Menhut-II.2014 tentang Tata Cara Pengenaan, Pemungutan dan Penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak Bidang Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam disampaikan bahwa pelaporan atas penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dilakukan kepada Atasan langsung bendahara penerima wajib menyampaikan laporan bulanan realisasi penerimaan dan penyetoran iuran dan pungutan kepada Direktur Jenderal paling lambat tanggal 5 bulan berikutnya dengan tembusan kepada Sekretaris Jenderal dan Inspektur Jenderal.
  3. Guna perumusan dan pelaksanaan kebijakan pemanfaatan KSA dan Taman Buru, maka perlu dilakukan pengumpulan data dan informasi terkait kegiatan pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam yang telah dilakukan pada wilayah kerja Saudara.
  4. Sehubungan dengan hal tersebut, kami minta Saudara untuk Menyampaikan data jenis kegiatan, jumlah kunjungan, dan jumlah PNBP pada KSA dan TB di lingkup kerja Saudara, sebagaimana format terlampir. (FORM ISIAN)